www.tviexpress.com/globeaway

www.tviexpress.com/globeaway

Jumat, 18 Desember 2009

ASPEK KEUANGAN, BUDIDAYA IKAN KERAPU DENGAN KARAMBA JARING APUNG





KEBUTUHAN BIAYA INVESTASI

Analisa ini diharapkan akan dapat menjawab apakah para nelayan plasma akan mendapatkan nilai tambah dari proyek ini dan mampu mengembalikan kredit yang diberikan oleh bank dalam jangka waktu yang wajar.

Perhitungan ini didasarkan pada kelayakan usaha setiap nelayan yang akan mengembangkan (ekstensifikasi) penangkapan dan budidaya ikan kerapu seluas 1 unit kajapung berikut armada kapal penangkap ikan. Dengan demikian perusahaan Inti akan terlibat kegiatan sejak awal, mulai dari kegiatan survei lokasi penempatan kajapung, survei lokasi perencanaan proyek termasuk desain teknis kajapung, pembuatan kajapung, sampai benih ikan yang dibudidayakan siap menghasilkan.

Skim kredit yang digunakan adalah kredit dengan bunga pasar sebesar 30% per tahun dengan masa tenggang selama 6 bulan. Selama masa tenggang bunganya adalah sebesar 28%. Sedangkan waktu kredit adalah selama 42 bulan (termasuk masa tenggang).

Biaya investasi budidaya digunakan untuk investasi 1 unit kajapung (sebanyak 44 petak); armada kapal bermesin penangkap ikan sebanyak 44 unit (ukuran 2 GT); 55 set jaring; dan peralatan bantu lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar